Digital Marketing

03 May 2020 09.20

Digital Marketing Ideas in Time of Pandemi

WHO menyatakan bahwa Pandemi Covid-19 ini sebagai Pandemi Dunia dan butuh recovery lebih dari 1 -2 tahun, Ini resesi terdahsyat abad sekarang ketika Milyaran manusia berhenti aktivitas bisnisnya, kemudian mencari dan menemukan cara baru, upaya baru dalam menemukan bisnis.

Socialselling.id menemukan beberapa gagasan dari berbagai Insight mulai dari Facebook Asia, Google, BCG, YouGov, Kantar dan Dekastrat  dan mengidentifikasi Digital Marketing yang harus dipilih untuk mengatasi wabah dan tetap produktif.  

1.     Memindahkan Website Corporate menjadi E-commerce neskipun produk atau bisnisnya sedikit tetaplah mengajak pengunjung untuk transaksi atau ngajak supaya arrange waktu konsultasi.

2.     Collaboration  Management tools

3.     Supply chain, Logistic service & Warehouse

4.     Online School  dan E-learning

5.     Webinar / Video Call

6.     Netflix, Iflix, HBO Premier

7.     Telco terutama internet data

8.     Telemedicine & Pharma products

9.     Cleaning services in time of Pandemic Related

Social selling  juga mencatat how the marketer do pivoting business during wabah covid-19 :

1.     Hotel & Mall yang  Occupancy ratenya dibawah 2% bahkan 0%, segera menjadi shelter untuk Rumah Sakit khusus  Virus Corona. Lippo Group  dengan Health business nya Lippo adalah Rumah Sakit Siloam memetakan bisnis nya lebih tertarget.

2.     Travel, makin banyak daerah yang melakukan PSBB, Pembatasan Sosial Berskala Besar sehingga logistic dan delivery menjadi penting. Grab kerja sama dengan Ninja Ekspress memadukan paket End to End solution, Jakarta Bandung hanya Rp. 20.000. Demikian Juga dengan Paxel

3.     Bioskop & Concert harus cari jalan terbaik bagaimana mengatasinya

4.     Mall, menjadi “pasar” buat volenteer bias saja untuk  meeting point dengan ikut protap COVID-19

5.     Retail telah berubah menjadi online store dan membuat aturan main baru, contoh Tiptop, Superindo, Yogya, Aeon Mall dan banyak lagi

6.     Electronik goes online semua

7.     Property, saat ini segera perbaikan digital asset

8.     MICE, arahkan ke Saastack

9.     Persewaan kantor, saat ini penulis belum tahu harus seperti apa Pivot nya

10. Restoran ( tidak lagi ada Dine in ) menjadi penyedia makanan siap saji, yang dilakukan Es Teler 77 telah bikin Frozen Food juga dengan Sriboga dan lainnya menerapkan beberbagi frozen food.

Ide bisnis yang harus segera  pivoting dan segera lakukan dan perbaiki channel digital marketing Anda.

 

Socialselling.id sebagi Transformation Training House, banyak yang kontak dan memulai bertanya dengan serius, What should we do next? Tentunya kita harus berubah, we have to be the most fittest brand terhadap Pendemi ini. Nah buat Perusahaan yang belum masuk digital langkah yang bisa kita lalui adalah :

1.     Website berubah menjadi e-commerce langsung

2.     Arahnya ke cloud, IT as services. Tingkatkan capabilities team, Temukan Collaboration Tools yang paling tepat bias Asana, Trelo atau Basecamp

3.     Jualan lewat social media

4.     Model Business direct to konsumen trend nya, Contoh yang paling nyata adalah  Kalbe yang bikin Marketplace sendiri.

5.     Manfaatkan Marketplace i.e. tokopedia, buka lapak dan shopee

6.     Database Consumer melalui Email Marketing, Karena kami di Salam Berkah menemukan terjadi peningkatan open rate leat email, People have a time more to learn and read something and impactful. Insha Allah

7.     Perkuat Inbound Marketing, Perbanyak konten yang meningkatkan performa SEO, Niche Anda dimana? Maka disitulah Anda harus memulai

Bisnis selalu tumbuh bersama team dan operation yang cost efficient.

Sebagai Pebisnis dan Marketers yang cermat   tentu melihat  Wabah Covid ini juga memberikan manfaat ke personal development diantaranya adalah :

1.     Work life balance – productivity meningkat, karena kita dirumah makin banyak waktu dan tenaga bersama keluarga tetapi tetap harus produktif

2.     Lebih cost efisien  tidak ada lagi transprotation cost tidak ada lagi uang bensin, semua dikerjakan di rumah.

3.     Karyawan ajak berfikir positive bahwa ini harus kita lalui bersama dan tentunya terjadi pengurangan menjadi mudah difahami meski tidak sembarang poting, ajak diskusi ajak produktif.

Ayo kita tetap harus jaga asa kita, jaga terus kesehatan kita agak kita bisa fight wabah covid-19 ini dengan kemenangan dan keyakinan. Social Selling menharapkan kita semua sehat dan JANGAN TAKUT tapi juga tidak menganggap enteng.  

Share This Article

Would you like to know more?

CALL ADMIN